INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Berdasarkan asal katanya, interaksi merupakan
suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih
objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Sedangkan manusia merupakan makhluk hidup yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dan komputer sendiri yaitu alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Dengan masing-masing pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa
Interaksi Manusia dan Komputer merupakan suatu jenis tindakan atau aksi
yang terjadi antara makhluk hidup yaitu manusia dengan sebuah alat yang
digunakan untuk mengolah data atau disebut juga komputer yang
mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain.
Namun untuk beberapa definisi juga menyatakan bahwa Interaksi Manusia
dan Komputer merupakan suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan disain,
implementasi dan evaluasi dari system komputasi yang interaktif untuk
digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya.
Pada interaksi ini mempelajari anatar suatu manusia dan suatu mesin di
dalam sebuah komunikasi, yang mendukung pengetahuan dari kedua-duanya
antara sisi mesin dan sisi manusia. Pada sisi mesin teknik dalam computer grafik,
system operasi, bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangannya.
Sedangkan pada sisi manusia seperti, teori komunikasi, disain industry
dan grafis, linguistic, ilmu-ilmu social, psikologi dan tujuan manusia
relevan. Serta perancangan system dan metode lain yang sesuai.
I. HAL-HAL YANG MENDASARI ADANYA IMK
Yang
mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi
dengan computer yaitu emnggunakan sejumlah menu maupun teks.atau juga
bias menggunakan alat bantu masukan(input),yang berupa nouse ataupun
keyboard.dan juga memerlukan alat bantu keluaran(output unit),yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.
Prinsip
kerja komputer = input – proses – output.Kepada komputer diberikan data
yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam
komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
manusia.
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor),
yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang
ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang
kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau
data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru
tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.
Manusia
jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia
barumenyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak
menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka
yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.
[ad code=3 align=left]
Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
II. ILMU YANG TERKAIT DENGAN IMK
1. Teknik elektronika & ilmu komputer =memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah
gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan
sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4. Ergonomik
berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman,
misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard,
posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
5. Antropologi
ilmu
pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja
berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan
konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
merupakan
cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog
diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus,
misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
III. DEFINISI IMK
Bidang
ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari
tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan
sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia
dengan mudah.
• Pengertian Interaksi = komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi
menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan
dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu
tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju
pembiasan tujuan.
• Definisi interaksi manusia dan komputer
=
sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai
karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan
menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
• Prinsip kerja komputer = input ???? proses ???? output
Kepada komputer.
Sumber:http://interaksimanusiadankomputernaro.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar