Jumat, 24 Januari 2014

Tugas IMK (Groupware)

COMPUTER - SUPPORTED COOPERATIVE WORK 

Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering diantara mitra yang berjauhan.
Hasil CSCW biasanya disebut Groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Dibawah ini contoh aplikasi groupware yang dibedakan berdasarkan :
  1. Tempat sama - waktu sama (tatap muka)
  • Proyektor dan layar proyektor
proyektor digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok. Proyektor biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan. Untuk menampilkan gambar, proyektor mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video. Proyektor berisi panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar.
  • Meeting Tracker

Aplikasi di android yaitu Meeting Tracker yang berfungsi untuk mencatat dan mengingatkan bila ada rapat. Aplikasi ini bisa buat mencatat apa saja yang dibahas dalam rapat kemudian di publish di web dan membuat catatan dalam bentuk pdf dan kirim via email ke semua peserta rapat. Mengambil foto suasan rapat, video dan audio recording, dan langsung dishare via internet.
  • Filezilla

FileZilla merupakan software yang digunakan sebagai alat untuk mengunggah suatu file dari komputer lokal kita ke sebuah hosting atau server yang nantinya file tersebut bisa diakses oleh orang lain. Cara penggunaan silakan kalian masukan Host, Username, dan Password, pada bagian atas bar. drag semua file kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada kolom kiri lalu klik kanan dan pilih “Upload” dan download file pada kolom kanan.
  • Clipboard Sharing
aplikasi yang akan mengcopy sebuah objek ke dalam clipboard yang kemudian dapat diambil oleh pengguna lainya yang terhubung dengan jaringan tersebut. 
  • OHP (Overhead Projector)


Overhead projector (OHP) merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran. OHP pada dasarnya digunakan untuk memproyeksikan transparansi ke arah layar yang jaraknya relatif pendek, dengan hasil gambar atau tulisan yang cukup besar. Proyektor ini direncanakan dibuat untuk dan dapat digunakan oleh guru di depan kelas dengan penerangan yang normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antra siswa dan guru ataupun sebagai media presentasi saat melakukan rapat.
  • Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka. Cara penggunaannya: pada lembar kerja / slide pertama masukkan judul presentasi, Kemudian klik new slide pada toolbar, lalu masukkan isi dari presentasi, lalu dapat memberikan tampilan pada slide presentasi anda dengan memilih pada menu-menu yang terdapat pada aplikasi power point, lalu save lembar kerja powerpoint anda.
  • Microsoft Word

Microsoft Office Word merupakan perangkat lunak andalah Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Banyak terdapat fasilitas dalam software ini, yang mampu menunjung berbagai keperluan bagi para penggunanya, mulai dari pengetikan text, penyusunan naskah atau pun proposal, laporan, karya ilmiah, surat lamaran kerja dan pembuatan diagram atau tabel serta menyisipkan berbagai objek gambar dalam tulisan. Cara pembuatan naskah di microsft word yaitu : Aktifkan lembar kerja microsoft word, aturlah margin lembar kerja, ketiklah naskah yang diinginkan dan melakukan pengeditan dengan memilih menu-menu pada toolbar yang terletak di kolom atas lembar naskah.
  • TurningPoint

TurningPoint merupakan aplikasi penilaian dan solusi pengumpulan data untuk lingkungan belajar maupun kerja. TurningPoint juga merupakan antarmuka yang sederhana untuk pemungutan suara di PowerPoint, pemungutan suara menggunakan aplikasi dan polling yang dilakukan sendiri. Cara penggunaannya : download daftar peserta, kemudian pilih manage tab, pilih impor dari menu Daftar Peserta, pilih opsi turningpoint Daftar Peserta, pilih file dan klik Open, kemudian daftar peserta akan muncul di kolom kiri, klik Edit Peserta untuk mengubah daftar atau Hasil Manager untuk melihat respon siswa setelah sesi pemungutan suara.
  • Interactive Vote Wireless
Interactive Vote Wireless disebut juga portable digital evaluation mampu mengajak siswa/ audiens ikut serta berpartisipasi dalam presentasi atau pengajaran melalui respon balik terhadap pertanyaan-pertanyaan secara interaktif. Menggunakan Interactive Vote wireless system interaktif voting menjadi presentasi “ Power Point” akan bertambah menarik di dalam pengumpulan data dan merupakan alat penilaian yang canggih dalam pengumpulan data dan respons secara tepat waktu dan secara dramatis meningkatkan produktivitas dan hasil-hasil terhadap lingkungan pendidikan dan usaha. Aplikasi ini dapat digunakan dalam dunia pendidikan, ujian/quiz, presentasi, pelatihan, seminar voting maupun konferensi. Aplikasi ini juga dilengkapi software “ user friendly” dengan fitur modul untuk membuat kelas, membuat bahan ujian, merancang template, mengatur komunikasi dan data, dan membuat laporan.
  • WebSharing File/Media Sync
Aplikasi untuk menshare folder ataupun data yang tersimpan di dalam handphone dengan menggunakan jaringan lokal. Aplikasi ini mampu melakukan manajemen file melalui jaringan lokal. Terdapat dua sisi navigasi pada aplikasi WebSharing / Media Sync. Navigasi pada handphone device, dan navigasi pada browser yang akan mengkasesnya. Saat akan melakukan sharing file, pertama-tama harus memulainya melalui handphone. Setelah handphone terkoneksi dengan wifi, tinggal buka aplikasinya dan klik start, maka otomatis aplikasi ini akan menampilkan informasi IP dan Password. Setelah IP Address dan Password ditampilkan, tinggal buka browser, lalu ketik alamat ip address di browser dan masukkan password yang sudah ditampilkan pada handphone tadi. File-file pada handphone akan muncul di browser. 


    
     2. Tempat sama - waktu berbeda (interaksi asinkron)
  • PERT (Project Evaluation and Review Technique)

A PERT (Program Evaluation and Review Technique) chart adalah model jaringan grafis yang menggambarkan tugas proyek dan hubungan antara tugas-tugas. Atau PERT juga adalah alat manajemen proyek yang digunakan untuk menjadwalkan, mengatur, dan mengkoordinasikan tugas-tugas dalam suatu proyek. Ini mendefinisikan ketergantungan antara tugas-tugas proyek sebelum tugas dijadwalkan. Dalam diagram kotak menampilkan berbagai atribut untuk proyek seperti jadwal dan panah menunjukkan satu tugas yang tergantung pada awal atau penyelesaian tugas lain. Jalur kritis adalah jalur dari awal untuk menyelesaikan proyek yang melewati semua tugas yang sangat penting untuk penyelesaian proyek.
  • Filezilla
FileZilla merupakan software yang digunakan sebagai alat untuk mengunggah suatu file dari komputer lokal kita ke sebuah hosting atau server yang nantinya file tersebut bisa diakses oleh orang lain. Cara penggunaan silakan kalian masukan Host, Username, dan Password, pada bagian atas bar. drag semua file kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada kolom kiri lalu klik kanan dan pilih “Upload” dan download file pada kolom kanan.
  • Microsoft Word

Microsoft Office Word merupakan perangkat lunak andalah Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Banyak terdapat fasilitas dalam software ini, yang mampu menunjung berbagai keperluan bagi para penggunanya, mulai dari pengetikan text, penyusunan naskah atau pun proposal, laporan, karya ilmiah, surat lamaran kerja dan pembuatan diagram atau tabel serta menyisipkan berbagai objek gambar dalam tulisan. Cara pembuatan naskah di microsft word yaitu : Aktifkan lembar kerja microsoft word, aturlah margin lembar kerja, ketiklah naskah yang diinginkan dan melakukan pengeditan dengan memilih menu-menu pada toolbar yang terletak di kolom atas lembar naskah.
  • Microsoft Excel 

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya. Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.
  • eGroupWare
eGroupWare adalah aplikasi groupware skala enterprise yang dilisensikan free. Dengan aplikasi ini kita dapat mengatur contact person, jadwal pertemuan dengan client, dan banyak fitur lainnya yang semuanya dapat dimanfaatkan untuk kelancaran usaha/bisnis yang kita miliki. eGroupware adalah groupware server. Menggunakan web-interface yang memungkinkan kita untuk mengakses data melalui jaringan dari manapun. Kita pun bisa mengakses eGroupWare server ini menggunakan aplikasi groupware paforit seperti Kontact, Evolution, Outlook, bahkan dengan menggunakan PDA melalui SyncML. eGroupWare dapat berjalan dimesin apapun, Linux, Mac, Windows dan Sistem Operasi yang lain. Disisi client yang kita butuhkan hanya sebuah internetbrowser seperti Firefox, Koqueror, Internet Explorer dll.
  •  GroupOffice 
GroupOffice merupakan groupware yang berbasis PHP dengan dua lisensi yang berbeda yaitu komersial dan open source. Online suite ini memiliki aplikasi office yang ada di dalam server utamanya sehingga aplikasi-aplikasi tersebut dapat diakses melalui web browser. Aplikasi tersebut adalah address book, calendar, e-mail, timesheet, notes, dan website content management modules. Untuk email sudah mendukung fitur IMAP dan POP3, calendar mendukung iCalendar import, sedang untuk profesionalnya disinkronisasi dengan PDA, mobile phone dan Microsoft Outlook.
  • Collabtive
Collabtive adalah web based project management software yang menggunakan lisensi open source. Software ini menggunakan proprietary tools seperti Basecamp atau ActiveCollab. Collabtive sendiri ditulis menggunakan PHP5 dan menggunakan user interface berbasis Ajax. Selain itu juga mendukung hingga 30 bahasa berbeda dan terintegrasi dengan web services melalui XML API. Fungsi lain yang dimiliki adalah penggunaan To do list, Milestones, Calendar, Messaging/Instant Messaging, File Management, Role based user permissions, Timetracking, Tagging, Search, Reporting (berbentuk file Microsoft Excel dan PDF), Exporting ke berbagai bentuk file seperti ZIP, XML, RSS, iCal dan vCard), Importing from Basecamp XML dan Multilanguage.
  • Zimbra

Zimbra atau Zimbra Collaboration Suite (ZCS) merupakan collaboration suite full featured yang mendukung email dan group calendar. Software ini menggunakan web interface berbasis Ajax yang mendukung tool tips, drag and drop items, dan right click menu pada user interfacenya. Termasuk kemampuan searching dan date relations serta online document authoring.
  • OpenGroupware (Ogo)
OpenGroupware (Ogo) adalah solusi groupware fitur-penuh yang duduk berdampingan dengan infrastruktur e-mail yang ada. Ogo menyediakan kalender grup, kontak, tugas, sumber daya, proyek dan manajemen dokumen dan klien Webmail. Ogo juga menyediakan dukungan GroupDAV. Dibangun di atas server aplikasi Sope, Ogo memiliki arsitektur yang terstruktur dengan baik. Instalasi relatif mudah, sebagai paket binary yang ditawarkan untuk sebagian besar distribusi.
  • Kolab 


Kolab adalah free dan open source groupware suite. Kolab menggunaan IMAP sebagai protokol yang mendasari tidak hanya untuk email , tetapi juga untuk kontak dan entri kalender. Entri ini hanya disimpan dalam folder khusus IMAP – Kolab memanfaatkan format XML dan IMAP server mengurus hak penyimpanan dan akses. Konfigurasi dan pemeliharaan Kolab dikendalikan oleh ekstensif menggunakan LDAP. Kolab dapat digunakan untuk Email , Kalender , Buku Alamat , Tugas, file – Cloud dan Microsoft Outlook.

     3. Tempat berbeda - waktu sama (sinkron tersebar)
  • Netmeeting
NetMeeting merupakan aplikasi perangkat lunak untuk konferensi audio dan video. NetMeeting menawarka­n berbagi desktop, audio video chat, dan fungsi transfer file. NetMeeting mendukung server direktori dan jasa. Menggunakan NetMeeting secara otomatis dapat mendaftar dengan direktori ketika mereka mulai klien NetMeeting mereka. Direktori yang kemudian memungkinkan pengguna untuk menemukan pengguna online dengan nama atau lokasi. Jika direktori tidak tersedia, pengguna NetMeeting juga dapat memanggil satu sama lain secara langsung dengan nama komputer atau alamat IP . Setelah terhubung ke pengguna lain, NetMeeting tempat semua pihak dalam "panggilan." NetMeeting melacak daftar panggilan dan memungkinkan pengguna untuk berbagi desktop mereka, untuk chatting, transfer file, atau berbagi VoIP.
  • Google Docs

Google Docs Document adalah salah satu dari produk Google Docs yang di tawarkan Google .Inc yang berupa word processor. kita harus terkoneksi internet dan membukanya melalui browser. Dengan Google Docs, kita dapat membuat dan mengedit dokumen secara online dan berkolaborasi secara real time dengan orang lain, bekerja sama tanpa batas waktu, tempat dan jarak.
  • Microsoft Lync

Microsoft Lync adalah software yang mengintegrasikan segala bentuk komunikasi, mulai dari telepon, SMS, chatting, hingga teleconference. Keuntungan terbesar dengan pemakaian Microsoft Lync ini adalah perusahaan bisa membuat efisiensi terutama di bagian biaya komunikasi. Lync juga dilengkapi dengan fitur untuk berbagi dokumen secara online sehingga dapat dilihat oleh semua orang pada waktu yang sama. Ini berguna saat perusahaan melakukan sebuahteleconference, dimana saat rapat berlangsung, pimpinan rapat bisa mengirimkan materi rapat sehingga dapat dibuka oleh para peserta rapat di berbagai lokasi berbeda. Dalam satu conference window, Microsoft Lync dapat menampung sebanyak 250 orang. Jalannya sebuah conference pun dapat direkam dengan mengeklik tombol Record. Fitur ini berguna kalau ada karyawan yang tidak hadir, jadi dia bisa diberikan hasil rekamannya full.
  • Timbuktu
Timbuktu adalah software remote control yang dikembangkan oleh WOS Datasystems . Software Remote control memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer lain di jaringan lokal atau Internet , melihat layar dan menggunakan keyboard dan mouse seolah-olah dia sedang duduk di depannya . Timbuktu kompatibel dengan komputer yang menjalankan Mac OS X dan Windows. Fungsi utama Timbuktu adalah remote control , dan aplikasi ini memiliki dukungan untuk berbagai fitur remote control seperti multiple display , layar - scaling, lockout layar jauh dan lockout keyboard, sinkronisasi clipboard dan " on the fly" pengurangan warna - mendalam untuk meningkatkan kecepatan. Selain fitur remote control ( screen -sharing ) , Timbuktu juga memungkinkan untuk transfer file , sistem profiling , suara dan teks chatting , dan pemberitahuan kegiatan terpencil.
  • mIRC 

mIRC adalah Internet Relay Chat Room berfitur penuh untuk windows yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, berbagi, bermain atau bekerja dengan orang lain pada jaringan IRC di seluruh dunia, baik dalam multi-user konferensi kelompok atau pada satu-ke-satu diskusi pribadi. Memiliki interfce/tampilan bersih praktis yang dapat dikonfigurasi dan mendukung fitur seperti buddy list, transfer file, multiserver koneksi, enkripsi SSL, dukungan proxy, UTF-8 display, suara disesuaikan, pesan, tray pemberitahuan, pesan logging dan banyak lagi. mIRC juga memiliki bahasa scripting yang kuat dapat digunakan baik untuk mengotomatiskan mIRC dan untuk membuat aplikasi yang dapat melakukan berbagai fungsi dari komunikasi jaringan seperti bermain game. 
  • Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger adalah program aplikasi komunikasi yang berguna untuk mengirimkan pesan secara instan, yang memungkinkan penggunanya berinteraksi atau chatting secara langsung di internet. Software Yahoo! Messenger dibuat dan dikembangkan oleh Yahoo! Inc. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fitur komunikasi, personalisasi pengguna, dan kecepatannya dalam menayangkan pesan secara realtime (langsung). Selain bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui teks, Yahoo! Messenger atau sering disingkat YM ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui suaradan tatap muka melalui webcam. Fitur terbarunya juga memungkinkan pengguna YM untuk berinteraksi dengan pengguna di layanan dan jaringan lain, seperti Windows Live (MSN) dan Facebook. Komunikasi bisa dilakukan secara individual melalui Private Message (PM), maupun secara massal melalui Conference dan Chat Room. Aplikasi ini juga sangat melindungi privasi penggunanya, di mana komunikasi hanya bisa dilakukan oleh sesama pengguna yang sudah saling kenal dan terkoneksi dalam daftar kontak.
Program Yahoo! Messenger banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna internet. Yahoo! Messenger merupakan software gratis (freeware). 
  • Skydrive

SkyDrive adalah layanan cloud milik Microsoft. Seperti layanan cloud lain, kamu bisa menyimpan dan mengakses data melalui koneksi internet. Akses data tersebut bisa dilakukan baik dengan komputer desktop maupun dari ponsel. Microsoft SkyDrive bisa menyimpan file Word, lalu menggunakan perintah bagikan untuk memungkinkan orang lain membaca atau mengedit salinan file Anda. Tidak ada lagi file yang menumpuk, hanya satu salinan dengan umpan balik dari setiap orang. (Persisnya, apa yang bisa mereka lakukan pada file Anda bergantung pada izin yang Anda berikan kepada mereka).
  • Remote Assistance
Remote Assistance merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh sistem operasi Windows. Fitur ini digunakan oleh komputer-komputer yang ada di dalam suatu jaringan untuk mengontrol atau mengambil alih komputer lainnya, baik antara komputer administrator dengan komputer client atau sebaliknya, ataupun sama-sama komputer client. Dalam prakteknya, fitur Remote Assistance ini digunakan untuk mengontrol atau mengambil alih komputer lain yang dikehendaki. Misalnya menampilkan layar monitor, menggerakkan mouse, menggunakan keyboard komputer lain yang masih aktif yang ada di dalam satu jaringan. Biasanya fitur seperti ini digunakan dalam suatu jaringan dengan client yang sangat banyak sekali, sehingga dalam mengontrol komputer client tersebut cukup dari komputer administrator saja. Jadi, operator komputer administrator tidak perlu susah payah, lalu-lalang, dan kesana-kemari dalam mengatur dan mengontrol komputer client.
  • oDesk Team Room
oDesk Team Room - perangkat lunak (software) yang memungkinkan Anda untuk membuat kantor virtual pada desktop Anda yang memungkinkan visibilitas , konektivitas, kolaborasi. oDesk Team Room dapat digunakan dengan bergabung dan chatting dengan anggota tim dan berbagi screenshot. Dengan oDesk juga dapat melihat siapa yang online dan bergabung dan dapat membuat rekan tim merasa seolah-olah mereka dalam suatu lokal yang sama. 
  • Skype
Aplikasi skype ini memungkinkan anda berinteraksi antar sesama pengguna dari suatu wilayah atau negara yang berbeda dengan lebih cepat dan tepat. Selain aplikasi ini dapat mengirimkan teks, gambar, suara dan video secara bersamaan, anda juga dapat melakukan percakapan dengan face to face antara sesama pengguna dengan menggunakan fitur webcam pada komputer ataupun laptop. Mempermudah komunikasi merupakan fokus dari layanan Skype. Untuk menjalankan-nya anda perlu melakukan registrasi pada aplikasinya guna menentukan usernama ketika anda menggunakan berbagai layanan skype. Secara garis besarnya, keuntungan dari penggunaan Skype yaitu aplikasi ini telah menggunakan teknologi VOIP yang memungkinkan anda melakukan banyak aktivitas seperti mengirim data-data dengan lebih cepat, mudah dan akurat.

     4. Tempat berbeda - waktu berbeda (asinkron tersebar)
  • Email
Email merupakan groupware tersukses yang ada. Komponennya terdiri dari alamat tujuan (To), salinan (Cc)  juga disertai dengan penanda waktu kirim. Dengan email dapat mengirim berbagai jenis file. Mekanisme pengiriman e-mail membutuhkan delay dalam pengirimannya dan masalah ini tidak dapat diperkirakan dan sangat tergantung pada tingkat penggunaan komputer yang digunakan sebagai relay suatu pesan. Dalam suatu e-mail yang sederhana terdapat hanya satu penerima. Banyak sistem e-mail yang mengijinkan dapat diterima oleh banyak penerima dengan menuliskan (Cc: ) dalam e-mail yang dikirimkannya menjadi suatu group. Group ini berisi daftar distribusi yang berisi nama group dari  sekelompok user yang sering mengirim e-mail. Dalam sistem ini pesan yang dikirimkan dialamatkan ke dalam suatu bulletin board atau newsgroup. Dalam pengirimannya dari suatu lokasi membutuhkan waktu pengiriman dalam ukuran menit atau hari, sedangkan e-mail yang berbasiskan LAN dalam satu lokasi hanya membutuhkan beberapa detik. 
  • Bulletin Board System (BBS)
Bulletin Board System atau BBS adalah sebuah perangkat lunak yang berbasis komputer yang memperbolehkan orang terlibat dalam suatu diskusi, upload dan download file-file, membuat pengumuman tanpa harus terhubung ke komputer pada saat yang sama. Bulletin board juga menjadi salah satu alat bisnis. Banyak perusahaan yang memanfaatkan bulletin boards sebagai sarana dan media komunikasi yang efektif untuk mempertahankan relasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Pelanggan dapat memberikan feedback secara langung dengan memanfaatkan Bulletin board. Pengguna dapat mengakses Bulletin board kapan saja mereka mau dan memberikan respon terhadap suatu topik pembahasan.
  •  MIcrosoft Outlook

Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office . Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.
  •  Newsgroups
Newsgroup adalah sebuah wadah atau tempat penyimpanan pesan yang di-posting oleh sekelompok orang yang berada di tempat yang berbeda-beda di seluruh dunia. Dalam pengertian newsgroup, pada dasarnya newsgroup ini merupakan sebuah kelompok diskusi yang berada di dunia maya dengan memanfaatkan fasilitas internet. Newsgroup juga biasanya dimiliki oleh perusahaan atau instansi tertentu. Dan penggunaannya diperuntukkan khusus bagi para anggotanya ataupun para pelanggannya. Sebuah instansi atau perusahaan biasanya akan memiliki sebuah server sendiri khusus untuk menampung newsgroup mereka. Atau bisa juga menyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh instansi lain. Namun ada juga perusahaan atau instansi yang juga menyewakan newsgroup mereka kepada para pengguna lain. Jadi fungsi newsgroup adalah membantu mengelompokkan berita, yang sangat berguna bagi bagi kelompok berita tertentu. Mereka bisa saling berbagi berita atau pesan dalam newsgroup. Sehingga berita atau pesan ini dapat diakses juga oleh anggota atau pengguna newsgroup dalam satu server tersebut dengan mudah.
  • Wiki
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah, menghapus, atau mengedit isi situs tersebut, sering kali tanpa registrasi terlebih dahulu  . Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu. Sebuah wiki mungkin mencakup alur kerja manajemen, blog, gambar dan file galeri, chatting, kalender dan survei.
  •  Workflow
Workflow adalah aliran kerja atau suatu informasi dari proses bisnis, baik secara keseluruhan maupun sebagian dimana dokumen atau informasi tugas tersebut diteruskan dari satu partisipan ke partisipan lain sesuai dengan prosedur atau ketentuan yang berlaku. Dalam suatu organisasi atau perusahaan diperlukan workflow agar tugas tersebut tidak saling berbenturan atau sama karena akan menghambat suatu proses kerja dari perusahaan atau organisasi tersebut . jadi pemanfaatan workflow sangat berguna sebagai penunjang suatu proses kerja dan untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Jika di dalam suatu perusahaan atau organisasi tidak terdapat workflow maka tugas dari perbagian karyawan tidak akan sama dan tidak bisa urut sesuai dengan aturan yang sudah dibuat oleh karyawan.
  • Zimbra

Zimbra atau Zimbra Collaboration Suite (ZCS) merupakan collaboration suite full featured yang mendukung email dan group calendar. Software ini menggunakan web interface berbasis Ajax yang mendukung tool tips, drag and drop items, dan right click menu pada user interfacenya. Termasuk kemampuan searching dan date relations serta online document authoring.

  •     Web Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Banyak manfaat daripada blog seperti Berbagi tulisan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan lainnya. Sarana untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Blog biasanya memiliki beberapa fitur yang berguna baik untuk kita (pemilik blog) maupun pengunjung (visitor) dalam bentuk informasi-informasi penting ataupun tanggapan-tanggapan dari visitor (pengunjung) berdasarkan postingan atau artikel-artikel yang termuat di dalamnya.
  • Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan,pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Dengan memanfaatkan facebook banyak hal yang dapat digunakan seperti bertukar informasi dengan teman-teman, dan dalam dunia bisnis dapat membuat fans page atau halaman agar pengguna facebook lain tahu produk apa yang Anda luncurkan. Tetapi informasi yang terdapat dalam halaman itu harus lengkap dan akurat agar orang yang mengunjunginya bisa memesan produk Anda.
  • Tine 2.0

Tine 2.0 adalah business software package dengan tipe lisensi open source. Aplikasi ini masuk ke dalam kategori groupware dan Customer Relationship Management (CRM). Aplikasi ini merupakan platform yang independen dan diimplementasikan sebagai Service Oriented Architecture (SOA) yang terdiri dari dua bagian penting yaitu komponen server yang digunakan untuk master data source, ditulis dengan menggunakan PHP, dan menggunakan database SQL sebagai central data storage. Untuk komponen Client yang digunakan sebagai graphical user interface (GUI) yang ditulis dalam Javascript dan dijalankan menggunakan web browser.
 Tine 2.0 terdapat beberapa menu untuk menyimpan kontak dan mengeditnya berupa email ataupun no.telephone dan terdapat juga groups kalender dimana pengguna dapat mencatat segala jadwal kegiatannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar